Thursday, March 13, 2008

Hakikat Marketing

Banyak sekali orang tertarik ke bisnis marketing karena tertarik dengan iming-iming bisa kaya cepat dan sukses luar biasa. Banyak pula orang telah lupa dengan hakikat bisnis yang sebenarnya yang sell service. Oleh karena itu bagi para pemula saya ingin mengupas sedikit tentang hakika marketing yang sebenarnya.
1. Jika ingin sukses di marketing, yang pertama harus dilakukan adalah membangun KEPERCAYAAN. Anda harus sanggup membangun kepercayaan seperti percayanya orang terhadap seorang Tukang Cukur Rambut. Walaupun yang dipegang adalah alat yang tajam dan berbahaya akan tetapi orang begitu yakin bahwa dia tidak akan dizalimi.

2. Jika ingin sukses di marketing anda harus menjadi seorang specialist sehingga posisi anda di mata konsumen jelas. Orang akan mencari anda untuk produk yang sejenis yang ada di pasaran. Seperti halnya seorang dokter spesialis gigi tidak pernah berebut rezeki dengan seorang spesialis jantung.

3. Anda juga harus terus bertahan untuk memberikan service dan menawarkannya kepada yang baru. Jangan kecewa dengan orang yang tidak mau. Karena tidak semua orang mau, seperti halnya seorang penjual rokok, kalau anda merokok merek yang berbeda tentu anda tidak akan membeli rokok yang ditawarkan. Tetapi tetap saja pabrik rokok tersebut berdiri, artinya rezeki memang diatur oleh Tuhan.

Smoga bermanfaat.

No comments: